Tips Mengatasi Penyebab Temperatur Mesin Panas

overheat). Perlu diingat bahwa apabila temperatur mobil sudha sangat tinggi, segeralah matikan mesin, karena jika mesin ‘dipaksa’ hidup terus, akan fatal akibatnya. Temperatur mesin mobil panas disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah dari radiator. Faktor lain yang bisa meningkatkan tempertur panas tidak normal adalah karena slang bocor, termostatfan yang tidak normal dan water pump. Saat akan menjalankan kendaraan di pagi hari, ada beberapa pengecekan yang sebaiknya dikerjakan, antara lain, oli mesin, minyak rem, air di reservoirradiator dan air accu. Berikut ini Tips mengatasi penyebab temperatur mesin mobil naik:

radiator panas

1. Periksa Radiator. Buka tutup radiator dan lihat apakah air dalam kondisi penuh. Apabila kurang segeralah ditambah. jangan lupa periksa tutup, kisi-kisi radiator. Lihat juga apakah radiator bocor atau tidak.

mesin panas

2. Periksa Slang Radiator. Periksa slang radiator dari kemungkinan pecah, klem yang kurang kencang karena akan mengakibatkan temperatur menjadi panas.

tank radiator

3. Periksa Tank Radiator. Periksa air cadangan radiator di penampungan. Apabila kurang tambahan air sampai batas upper dan jika air terlalu kotor segeralah ganti dengan air bersih dan tambah Long Life Cooland.

water pump

4. Periksa Water Pump. Lakukan pengecekan water pump dengan melihat dari bawah kendaraan atau apabila mungkin naikan kendaraan dan lihat pada bagian water pump ada lubang angin di bawah. Periksa apakah ada air yang keluar dari lobang tersebut. Jika ada segeralah ke bengkel untuk dilakukan penggantian water pump baru.

Sumber: http://tipsanda.com

 

KENAPA AIR RADIATOR MOBIL SAYA CEPAT HABIS?

  • Mobil saya Daihatsu Taruna thn 2003. Karena ada patah selang, baru-baru ini saya ganti radiator dengan kuningan/tembaga. Beberapa hari setelahnya gak masalah. Suhu selalu normal, ac dingin. Masalahnya air radiator dan cadangannya selalu kering/habis kalau habis jalan jauh (bukan luar kota). Setelah dicek, tak ada kebocoran di selang terkait radiator (baik kondisi mesin mati atau hidup). mohon jawaban segera.
    Dari : erna munir

 

  • Salam Otomotif bung Erna,
    Untuk permasalahan Taruna anda ada dua kemungkinan yang dapat mengakibatkan hal ini terjadi :
    1. Visco fan sudah melemah, pada visco fan atau silicone kipas terdapat cairan silicon yang sensitif terhadap temperatur. Apabila oli ini sudah berkurang maka kemampuan kipas mesin untuk mendinginkan mesin menjadi berkurang. Ciri ciri visco fan sudah lemah adalah  entengnya baling-baling kipas jika di putar dengan tangan, berasa tanpa perlawanan viscositas silicone.
    (MENCOBA MEMUTAR KIPAS SAAT MESIN DIMATIKAN).
    Apabila pendinginan kurang maka terjadi pemanasan berlebih terhadap air pendingin mesin sehingga air akan memuai dan memenuhi tabung air cadangan, air radiator akan keluar dari tabung air cadangan, namun saat mesin dingin, air pendingin mesin menyusut kembali maka saat kita cek air radiator menjadi berkurang.
    Solusi :  Tambahkan oli silicon pada visco fan
    2. Terjadi kebocoran Kompresi : hal ini secara harfiah dapat diartikan terjadi kebocoran kompresi mesin oleh piston ke Jalur air pendingin. Hal ini akan mengakibatkan hal yang sama seperti diatas yaitu air akan mengalami pemuaian berlebih. Ciri-ciri terjadi kebocoran kompresi dapat di cek dengan membuka tutup radiator saat mesin mati, kemudian lakukan starter, apakah terjadi semburan air radiator dari lubang tutup radiator, jika iya maka positif terjadi kebocoran kompresi.
    Biasanya kebocoran kompresi dapat terjadi akibat mesin pernah mengalami overheat terutama sampai kehabisan air.
    Solusi, buka silinder head dan ganti Packing head.
    Demikian solusi yang mungkin dapat anda cek terlebih dahulu bung Erna
    Salam otomotif,
    REgards
    Ferky

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s